Kamis, 20 Maret 2014

Hajatan si Kelud

Setelah beberapa minggu gua ngenikmatin angin segar yg bebas keluar masuk kamar, memaklumi serangga mini yg dateng gak diundang n pulang gua tendang, meratapi nasib gua yg harus ngumpet² pas ganti baju sebab kagak ada sensor, akhirnya hari ini pas gua pulang dari rumah kedua, gua sukses bernafas lega abis ngliat kamar gua udah gak mirip GOA. 

Kamar gua bernuansa GOA itu pas malem jumat wage lalu, gua inget banget tuh..!! *wajah serius* sebab si anak KELUD waktu itu lagi mules n udah kebelet pengen (n)jamban. Mau gimana lagi, mau dicegah kayak apapun namanya juga kebelet.. akhirnya tanpa minta izin warga, pak lurah, pak camat, ketua RT/RW sampek ketua JAMBAN diapun tanpa dosa berhasil ngluarin anunya dari perut bumi pakek backsound yg cetar, gua ulangi lagi biar agak berasa.. Pakek Backsound CETAR..!!! MENGGELEGAR...!! BLAR...BLAR...DUAR....!!  *wes, bar bar! rame ae!*  

Oke balik ke GOA, kejadian cetar itu harusnya terjadi taon 2007, tapi anak KELUD masih tegar buat nahan rasa mules yg makin berasa. Nah!! setelah nahan mules sekitar 7 taon, akhirnya dia nglambaikan tangan ke kamera sambil ngucap, "Siap-siap yo? aku arep (n)jamban". Gua kagak nyangka, gara² kejadian itu rumah gua jadi tempat berteduh gua plus keluarga plus keluarga tetangga plus kucing yg lagi kencan di deket rumah. Gak lama turun ujan, kalo ujan aer sih udah biasa.. Nah malem itu ujannya kerikil disusul ama pasir. Duh.. gua khawatir ama kodok yg lagi nyatain cinta di deket kolam ikan, gua juga kasian ama si kucing yg gagal ngedate.. :(  apalagi ayam² gua yg pada pules di kandang, mereka kelilipan kagak ya waktu itu, ya amplooop.. :/

 

Rasa GALAU kagak karuan itu secepat kilat pergi gak pakek ninggal jejak pas paru² gua berasa sesak.. semacam idup di deket pertambangan belerang, gua kasian ama bayi yg lagi mimpi di pelukan ibunya, gua kagak tega kalo inget kejadian itu.. pufeeet. Akhirnya dgn cepat gua suruh mreka sementara masuk ke kamar gua. Belasan menit berlalu, gua pun masih sibuk nutup ventilasi pakek koran bekas, hujug-hujug, mak bedunduk, suddenly, ada suara orang manggil² nama gua n sumbernya dari dalem kamar..  :o yaelah....... ternyata itu orang yg gua masukin kamar kekunci. Gua gak bisa ngebuka si tutup kamar, bukan kagak ada kunci cadangan ndroo, tapi engsel pintu gua emang udah pensiun. Terpaksa dah gua transformasi jadi tukang bangunan, bongkar² pintu ala montir amatir, n GOA di rumah gua pun akhirnya terlahir.


Inget tgl 13 lalu kan, pas malem jumat wage itu tuh.. kata warga sekitar sih Lembu suro lagi nyatain cinta ke Putri Kediri, pas hari palentin gitu katanya. Kalo kata gua mah si anak KELUD emang udah kagak tahan buat (n)jamban. Malem jumat wage ini, para tetangga malah heboh bikin ketupat buat nyambut hajatannya si anak Kelud. Mungkin cintanya udah diterima gitu, terus mlm ini bakal ada sunatan nikahan. *kok heboh banget??* Iya emang heboh, salah 1 sms yg ngaku ada sembilan orang berpakaian jubah berwarna putih putih ngomong begini,
"Sesuai pasaran Jawa, hari Jumat 21 Maret besok merupakan Jumat Wage.
Hari pasaran Jawa yang sama dengan peristiwa erupsi Kelud pada 13 Februari lalu.
Dan untuk menangkal malapetaka itu
pengasuh Pondok Pesantren Mantenan
Udanawu, Kabupaten Blitar meminta
sedikitnya 2 ribu warga untuk
memasang ketupat berisi jahe,
kencur, kunyit, kunci, dlingo dan bawang.
Ketupat yang tak lazim tersebut dipasang bersama cok bakal (sesaji) telur ayam di atas masing masing pintu rumah warga.

Malah ada lagi pesan WA yg gua dapet dari temen gua yg tulisannya begini,
"Pak lurah pranggang dipripeni kro lembu suro
jare suk jumat wage mbah kelut jaluk tumbal 130 rb org wonge lgs pingsan.
makane gawe tolak balak ngarep omah atas pintu kon psgi kupat isi kunyi
ben keluargane slamet kbeh.
psge pas dino kamis mlm jumat wage .tlg percaya biar selamat."

*tepokjidat* ( -_-) emang itu lurah siapanya Kelud sih?? yg nyiptain?? yg desain?? yg ngrawat? Bagi gua yg begituan mah cuma ngebuang pulsa, useless!!  endel banget..! Mending uang buat bikin ketupat dipakek makan bareng ama anak yatim ato disumbangi gitu, gak sexy kalo cuma buat nyambut anak KELUD (n)jamban lagi, masak mau buang hajat pakek acara sambutan?? gua aja kalo buang hajat kagak sampek segitunya kok..

Halah yaudah deh, gua gak ikut²an aja.. males kalo harus nyiapin sesajen kagak jelas begituan, kalo gua cuma disuruh ngenikmatin ketupat gratis mah gua jelas GAK NOLAK :D .
Kata guru agama adik gua yg masih kelas 1 SD, yg begituan mah musrik.. kalo kata guru agama gua yg begituan mah boleh² aja kok dilakuin.. TAPI SALAH .

Udahan dulu yak.. kali aja si anak KELUD beneran (n)jamban, kan lumayan dapet makanan pakek gratisan dari tetangga yg dari pagi sibuk nyiapin makanan.
Oye dah.. thenks udah ngapel coretan gua!! semangat JAMBAN!!!

9 komentar:

  1. Yang saya tahu kalau Kelud batu lagi, abunya bakal terbang lagi dan bisa sampai Jogja lagi, bikin rumah saya jadi kotor, apalagi kalau hujan jarang turun, bener-bener tersiksa.

    Di Indonesia, tradisi dan budaya itu berjalan beriringan dengan teknologi. Makanya masih ada yang menganjurkan membuat berkat untuk menolak bala. Menurut saya sih yang kayak gituan nggak bakal meredakan "gejolak" Kelud. Paling ya disantap sama dhemit-dhemit Kelud yang lain.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bener :) tapi kalo rumah jadi kotor kan ada kegiatan pengganti olahraga ..


      Dhemit-dhemit Kelud dijamin kagak ada yg bungsu lapar.. :D

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Balasan
    1. yakin kalo ghaib??
      *gagalfokus*

      Hapus
  4. wah........... tempat kita buat jambannya dong????,,,, :/

    BalasHapus

Udah ngejanya? thanks yak... :)))) tapi gak keren donk kalo gak koment, gak sexy donk kalo gak ngisi, koment apa aja boleh.. yg penting bisa dieja. Tinggalin jejak lu juga yak biar gak disangka Maling.. :)